Jumat, 06 Desember 2013

PENGALAMAN JADI "MEDICAL TEAM" DI PENERIMAAN MABA

Um.. Mau cerita..

Tema-nya masih jalan-jalan tapi ini jalan-jalannya bener-bener lagi jalan-jalan.. Eh, ini blog gue kan jd bebas dong yah.

Jadi gini.. Duluu #jamankuliah, waktu pertama kali naek jabatan jd senior alias taun kedua, gue, ikutan panitia MABA, waktu itu jadi tim medik (medical team). Kenapa jd medik, soalnya waktu jd MABA aku sukaaaa banget sama anak medik, cantik-cantik- cakep-cakep, ramah-ramah pula.. Ga kayaaa .. You know lah senior yg suka marahin itu.. (Satuan disiplin yg sebenernya kece-kece juga kakak-kakak ini :*)

So, beberapa bulan sebelum adek-adek yang imut itu datang, kita panitia dilatih dulu dong. Kalau buat gue ya dilatih penggunaan obat, perlakuan pasien, pengangkutan pasien, P3K dan gitu2 deh.. Mirip-mirip sih kaya di PMR smp-sma gue dl (btw suka banget sih gue hal begituan.. Maklum nurun dari kakek gue, Pak Mantri Desa, hehehe)

Naaaahh.. Ternyata waktu di universitas latiannya agak berat nih, kita dilatih sampe yg agak berat gitu, seperti RJP (resustasi jantung paru) untuk kasus kalo korban udah ga bisa sadar banget. Masa dibilangin kalau waktu RJP kemungkinan rusuknya ampe patah tapi asal jantungnya bisa hidup lagi Ih serem banget deh..

Untung aja pas hari H gak ada yg sampe gitu, paling cuma pingsan, maag and astma doang, yang jadi fokus medik nih ya, kita harus lebih sehat dr korban.
Makanya sebelumnya kita latihan fisik juga, lari, sit up, push up dkk.
Dan.. Waktu jd medik fakultas, gue bersyukur bgt, secara di jurusan gue (biologi), waktu jd maba itu untuk masa bimbingannya lumayan berat, jadi ga terlalu shock kalo nemuin latihan kaya gitu lagi juga..
Waktu lari juga gue and anak Biologi lain berada di barisan depan, waktu nanjak jalan jg tetep di bagian depan. Pokoknya bangga banget dulu ud ngerasa kuat (fuiihh). Hehehehe

Akhirnya pas hari H MABA pada datang tuh yah, dan medik harus ikut ngejaga dimanapun mereka berada. You know what? Waktu mereka lari medik harus ikut lari juga dong.  Ya gapapa lah, demi adek-adek MABA yg unyu. Terus yg kepilih buat nemenin maba lari ya gue lah, yg katanya dulu gue lumayan kuat. Dulu loh.. Dulu yah. Catet..! XD

Akhirnya gue temenin MABA lari, sambil pake almamater terus pake syal orange di lengan kanan (apa kiri ya, lupa). Pokoknya keren deh.. .menurut gue, hihi Terus gue lari ga tangan kosong lah, gue bawa kotak p3k, yg isinya obat lengkap plus oxygen jg.  Sambil lari-lari deh ngikutin tuh maba (kalau kakak gue komennya waktu diceritain ini, katanya gue lucu, kawaii desu yo ne? hihihi)


syal orange kebanggan - penolong orang yang membutuhkan ^^
Pokoknya gt deh tiap hari, jagain MABA, ikut lari-lari, rawatin maba dll. Sampe penerimaan berakhir, itu tugas aku.. Sempet kita ada kasus lumayan berat, sampe si anak harus dibawa ke rumah sakit karena collaps, tugas kita beri pertolongan pertama terus anter ke rumah sakit dan nungguin sampe ortunya dateng..

Pernah jg waktu Medik di jurusan ada anak asma terus karena crowded dia kumat terus ngamuk, aku samperin dan ada senior yang nyamperin dalam keadaan dia ngerokok, mungkin senior itu kaget terus ikut pengen liat,, Parahnya, itu anak malah tambah jadi, alhasil dia tambah kumat mumble-mumble asap rokok terus nyakar-nyakar tangan gue..
Gue teriaklah minta siapapun itu senior buat ngejauh.. (akang... maaf yah ga sengaja)..
Dan akhirnya setelah diberi treatment dan udara dikit dia jd tenang dan kita bisa langsung bawa dia UKS.

Selama jadi medik sebenernya  capek sih, tapi jujur, aku seneng banget bisa bantuin mereka.
Menjadi medik itu bisa numbuhin tanggung jawab, terhadap kita sendiri, or terhadap org yg kita jaga.
Kita ga boleh lemah dan harus ngambil keputusan cepat karena nyawa mereka ada di tangan kita (ceileh bahasa gue).

Ya intinya pengetahuan kita juga bertambah soal obat or treatment dan rasa kemanusian kita jg bertambah. Karena adanya tanggung jawab itu, kita jadi nge-push diri kita sendiri biar apapun yang kita lakukan adalah demi kebaikan korban.

Yak.. Jadi tambah respect deh sama dokter and perawat-perawat sekarang..  
Docs.. I know your inttention are for your pasien sake and I think you were deserve to get honour from whoever they are. Include us as your patient and me too.
I really respect to you and I will always respect you who respect your job for human charity. Thank you nurse and doctor :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar